Senin, 30 November 2020

MANFAAT TEMPE

MANFAAT TEMPE  

Tempe adalah  makanan yang akrab bagi bangsa Indonesia. Makanan yang terbuat dari kedelai dikenal dan mencintai hampir semua orang. Inilah sebabnya mengapa suhunya dijuluki makanan rakyat dan makanan populis. Tempe hampir mudah di pasar tradisional di supermarket. Tempe sangat terkenal terutama Kampung Sanan, sebuah wilayah Malang, tepatnya di daerah desa Purwantoro, Blangant distrik. Dari wilayah Tempe Sanan  Sentra, diproduksi oleh kualitas suhu.

Salah satu keistimewaan tempe adalah kandungan tinggi dari protein nabati, maka tempe juga merupakan favorit mereka dari vegetarian. Salah satu camilan terkenal yang terbuat dari tempe adalah chip tempe, yang cukup terkenal, misalnya, kentang candi yang buruk.



 Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan tempe:

1. Membantu mengurangi kadar kolesterol jahat

Tempe mengandung protein yang sangat tinggi. Tidak seperti protein dari sumber-sumber hewan, protein tempe memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi kadar kolesterol rendah kolesterol (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol kanan (HDL). Dengan kata lain, tempe dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung, penyakit jantung dan stroke. Selain menurunkan kolesterol, tingkat tempe juga dapat membantu mengurangi glukosa darah dan trigliserida pada penderita diabetes.

2. Membantu mengurangi tekanan darah

Tempe mengandung magnesium, di mana zat ini memainkan peran penting dalam sistem kardiovaskular dan bertanggung jawab atas lebih dari 300 proses metabolisme dalam tubuh. Magnesium berguna untuk mencegah gumpalan darah, mengurangi tekanan darah, menjaga ketahanan tulang dan membantu mencegah komplikasi terkait diabetes.

3. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan

Tempe juga mengandung serat makanan yang baik untuk tubuh. Serat memainkan peran dalam mengikat lemak dan kolesterol, sehingga tempe memiliki potensi untuk membantu mengurangi dan mengendalikan berat badan. Selain itu, serat yang terkandung dalam tempe sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus.

4. Membantu mencegah kanker

Tempe diperkaya oleh isoflavon, senyawa antioksidan yang memainkan peran dalam perbaikan sel dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sel karena polusi dan sinar matahari. Isoflavon juga bertindak sebagai agen anti-kanker dengan memerangi sel-sel kanker yang dapat memicu kanker prostat, dada dan kanker rahim. Ini juga telah diperkuat oleh penelitian Universitas North Carolina di Amerika Serikat, yang telah menunjukkan bahwa fitoestrogen dan generine (tipe isoflavon) dapat mencegah kanker payudara dan prostat.

5. Membantu mengatasi gejala menopause

Selalu pada isoflavon, tempe dan produk kedelai lainnya dapat membantu mengatur estrogen. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat mengurangi rasa panas (panas panas) pada tubuh dan rasa yang tidak nyaman untuk wanita menopause.

6. Sumber Energi

Tempe juga mengandung riboflavin atau dikenal sebagai vitamin B2. Mikronutrien ini mudah dicerna dan airnya larut dalam air. Riboflavin memainkan peran penting dalam metabolisme energi dan juga dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat, protein, minyak dan keton. Selain itu, vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan riboflavin memengaruhi produksi energi fisik. Gejala pertama defisiensi riboflavin biasanya patah bibir dan sakit tenggorokan.

Demikian infomarsi tentang manfaat tempe.semoga bermanfaat bagi kita semua.(Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan tempe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar